5 Tips Menghilangkan Residu Pestisida pada Buah dan Sayur

By. Novian - 28 Mar 2023

Bagikan:
img

agrofarmaka.com - Sayur mayur memang sehat karena mengandung banyak sumber vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang diperlukan bagi tubuh. Tapi pernahkan sobat berfikir, apa jadinya jika sayur sehat tersebut mengandung racun dari pestisida ? Berikut ini kami informasikan tips mengurangi residu pestisida pada sayur dan buah.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Imunitas Tubuh

1. Direndam Air Panas dan Direbus

Merendam sayur dan buah pada air panas atau dikenal dengan blanching efektif menurunkan residu 38-97%, karena air panas dapat memicu pelepasan dan pengurangai pestisida ke dalam air dan uap air. Paparan suhu air juga cukup efektif untuk menghilangkan lapisan lilin yang biasanya digunakan pada buah apel. Jangan merendam buah dan sayuran dengan air panas terlalu lama. Sebab, hal tersebut akan berakibat rusaknya kulit bagian luar terlebih lagi buah dan sayuran yang memiliki kulit buah yang lembek. Terapkan dengan seksama agar tidak merusak nutrisi yang ada dalam buah dan sayur.

2. Cuci dengan Air Mengalir

Mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh menggunakan air mengalir bisa membantu Anda menyingkirkan kotoran yang menempel di permukaan luar kedua jenis makanan itu. Sayuran seperti kentang dan buah-buahan seperti sawo sering terdapat kotoran yang menempel di permukaan. Mencuci jenis buah dan sayur seperti itu dengan air dingin akan membantu Anda menyingkirkan kotoran. Tentu saja, cara ini bermanfaat jika nantinya Anda ingin mengonsumsi bersama kulitnya.

Baca juga: Manfaat Cabai Untuk Tubuh Kita

3. Membuang Lapisan Terluar pada Sayur

Pada beberapa jenis sayur seperti kol/kubis, selada dan sawi memiliki banyak helai daun pelapis. Jangan merasa sayang untuk membuang lapisan luar sayur tersebut karena lapiran terluar berpotensi tinggi terpapar pestisida.

4. Cuci dengan Sabun

Cara menghilangkan residu pestisida pada buah dan sayur adalah dengan merendam buah dan sayur di dalam air yang sudah ditetesi sabun selama beberapa menit. Lalu, bilas dengan air mengalir hingga busa sabun tak tersisa. Pastikan sabun yang digunakan adalah sabun foodgrade dan tidak meninggalkan bau maupun rasa agar tidak mengurangi selera makan/mengubah citarasa.

5. Mengupas Kulit Buah

Mengupas kulit luar buah-buahan seperti apel, pir dan anggur merupakan salah satu cara sederhana untuk menghilangkan residu pestisida. Pasalnya kulit buah menjadi salah satu tempat yang mudah terkontaminasi residu pestisida. Selain itu pada ketiga jenis buah ini seringkali dilakukan pelapisan lilin untuk menghambat proses oksidasi dan respirasi buah.

Baca juga: Jantung sehat dengan Mengonsumsi sayuran


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp