Jantung sehat dengan Mengonsumsi sayuran

By. Danan - 31 Jan 2023

Bagikan:
img

agrofarmaka.com - Mungkin kamu sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, tetap saja sering kali sulit untuk mengubah kebiasaan makan. Entah itu memilih mengonsumsi makanan sehat atau mengatur pola makan yang baik.
Perlu diketahui bahwa menambah sayuran hijau ke dalam makanan kamu dapat menyehatkan jantung. Makan sayuran berdaun hijau dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sayuran hijau padat energi ini dikemas dengan berbagai nutrisi yang bekerja untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Lantas, sayuran atau baik apa saja yang baik untuk jantung? Berikut ulasannya.

Baca juga: Manfaat Kencur Untuk Masakan dan Kesehatan

1. Kedelai, edamame, dan kacang tanah
Makanan yang sehat untuk jantung harus kaya protein. Selain protein hewani dari ikan, anda perlu melengkapi protein nabati dari produk olahan kedelai seperti tahu, tempe , atau biji kacang kedelai. Kacang kedelai juga mengandung isoflavon , yaitu antioksidan yang mirip hormone estrogen.Antioksidan ini dalam tubuh dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler pada wanita pascamenopause sehingga aman dikonsumsi pasien dengan masalah jantung. Isoflavon tidak hanya ada pada kacang kedelai saja , anda uga bisa mendapatkan antioksidan ini dari edamame dan kacang tanah.

2. Brokoli
Sayur Brokoli mengandung vitamin C yang memiliki efek antioksidan. Saat dikonsumsi dalam bentuk nabati, makanan yang mengandung antioksidan ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan melawan radikal bebas yang merusak sel.

3. Buncis
Sayur panjang berwarna hijau ini mengandung serat dan folat , juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Terlebih lagi buncis ini mengandung nutrisi vitamin A,B dan C serta senyawa yang disebut lutein. Vitamin A yang terkandung dalam buncis membantu melawan peradangan dan mencegah hipertensi berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Baca juga: Cap Cay makanan yang bergizi

4. Kale
Kale kaya akan serat serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Sayuran hijau seperti kale juga mengandung omega – 3 yang menjadi asupan lemak. Kale disebut memiliki kandungan gizi dan vitamin yang jauh melebihi sayuran manapun. Di Indonesia kale masih terbilang jarang, namun sayuran ini mulai dibudidayakan secara lokal

5. Kangkung
Selama ini , kebanyakan orang hanya mengenal kangkung sebagai sayur yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Padahal , kandungan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan senyawa antioksidan di dalam kangkung dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan jantung.
Menyajikan sayuran dalam menu makanan lebih mudah dibanding makanan lainnya. Anda cukup mencuci sayuran, memotongnya dan menyimpannya di dalam kulkas . Selalu sedaikan sayuran didapur agar anda ingat memakannya.

Baca juga: Manfaat Cabai Untuk Tubuh Kita

Image by fxquadro on Freepik


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp