Cap Cay makanan yang bergizi

By. Sasmito Puyuh Aji - 02 Feb 2023

Bagikan:
img

agrofarmaka.com - Capcay salah satu produk makanan yang cukup terkenal di Indonesia dengan ciri khasnya adalah memakai bahan dasar berbagai macam sayuran. Capcai (Hanzi: 雜菜; Pinyin: zácài; Pe̍h-ōe-jī: cha̍p-chhài; "aneka sayuran") atau Capcay adalah nama hidangan berasal dari Tionghoa, berupa banyak macam sayuran yang dimasak dengan cara direbus (kuah) atau digoreng tumis.  Dengan olahan berbagai macam sayuran di dalamnya makanan ini tentu sangat menyehatkan bagi tubuh. Jumlah sayuran yang digunakan untuk memasak makanan ini tidak tentu, namun banyak yang mengatakan bahwa makanan ini harus mengandung sepuluh macam sayuran yang pokonya adalah memakai banyak sayuran. 

Cap Cay merupakan makanan yang bergizi bisa dilihat pada tabel berikut:

   

Baca juga: Jantung sehat dengan Mengonsumsi sayuran

1. Melawan sel kanker

CapCay dapat membantu melawan sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada dalam makanan ini berguna untuk menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu, makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Mencegah gangguan pada mata

Jika anda mengalami gangguan mata maka dapat dicegah dengan mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini bermanfaat untuk mencegah gangguan mata dan juga kebutaan. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan mata anda.

3. Mencegah peradangan

Peradangan merupakan reaksi tubuh untuk perlindungan diri. Reaksi ini bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya seperti sel yang rusak atau adanya iritasi. Untuk mencegah peradangan anda bisa banyak mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalam capcay berguna sebagai anti-inflamasi yang melindungi tubuh.

4. Menunda penuaan dini

Jika anda selalu ingin terlihat awet muda maka anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk menunda penuaan.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Imunitas atau kekebalan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah bakteri atau penyakit agar tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk meningkatkan imunitas tubuh anda bisa rutin mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh.

6. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi capcay ini. Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya akan berguna untuk mencegah penyakit dan juga serangan jantung. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

7. Melindungi otak

Manfaat lainnya dari capcay juga berguna untuk melindungi otak. Kandungan yang ada di dalamnya membantu dalam melindungi sistem saraf pusat sehingga mampu menjaga fungsi dan kinerja otak. Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

8. Mencegah penyakit degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan terhadap organ tubuh. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan banyak mengkonsumsi capcay ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah penyakit degenaratif yang sering disebabkan dengan bertambahnya usia. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsinya.

9. Menjaga kesehatan rambut

Jika anda sering menguluh karena masalah rambut maka makanan ini bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan rambut anda. Dengan rutin mengkonsumsi capcay akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut sehingga tidak mudah rontok.

10. Melindungi sistem saraf

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut capcay juga sangat bermanfaat untuk melindungi sistem saraf. Organ ini berfungsi untuk mengatur seluruh aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya untuk melindungi sistem saraf agar bekerja dengan baik.

11. Sebagai Sumber Serat

Sebagai hidangan berbahan dasar sayuran, capcay memang menjadi sumber serat yang bagus. Ada banyak jenis sayuran pada capcay seperti wortel, kembang kol, sawi. Kandungan serat pada capcay bisa membantu proses pencernaan sehingga metabolisme tubuh bisa lebih lancar.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Imunitas Tubuh

Kemudian untuk manfaatnya dari tiap bahan baku yang digunakan bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Sawi Hijau (Green Mustard)

merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bergizi dan kaya akan nutrisi. Tak hanya itu, sayuran ini juga rendah kalori sehingga sangat direkomendasikan bagi orang yang sedang dalam program diet. Sawi hijau dan sawi putih kaya akan serat, protein, karbohidrat, namun tetap rendah lemak. Sayuran ini juga mengandung mineral, vitamin, dan zat antioksidan seperti riboflavin dan beta karoten.

a. Mengandung antioksidan

Salah satu manfaat sawi hijau yang pertama yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh seseorang. Bahkan, jika tidak ditangani secara serius, efek jangka panjangnya dapat merusak fungsi dan jaringan vital tubuh dan bisa memicu penyakit serius seperti kanker dan diabetes. Salah satu kandungan pada sawi hijau, yaitu glutathione, vitamin C, dan vitamin A, serta dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

b.Untuk detoksifikasi

Pola makan yang tidak sehat serta polusi yang tersebar di sekitar pastinya bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Nah, sawi hijau sendiri bisa berperan sebagai detoksifikasi alami karena mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui proses buang air besar.

Turunan klorofil dalam sawi hijau juga bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh pun dapat lebih sehat dan terbebas dari racun.

c. Mencegah kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya berperan besar pada risiko penyakit jantung. Apalagi, kolesterol jahat kerap menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan arteri menyempit, sehingga mengganggu peredaran darah ke jantung. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kolesterol baik dapat diubah menjadi asam empedu yang dapat membantu memecah lemak dalam makanan. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan.

d. Kaya akan serat

Makanan kaya akan serat tentunya dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, sehingga kamu memiliki tenaga dan lebih siap beraktivitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi hijau atau jenis sayuran hijau lainnya cenderung lebih sehat dan terjaga dari penyakit seperti kanker usus besar, wasir, sembelit, serta kolesterol.

e. Sumber fitokimia, glukosinolat, dan fenol

Sayuran berdaun hijau adalah sumber fitonutrien. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Glukosinolat dan fenol yang berlimpah pada sawi hijau juga akan memproteksi tubuh dari dalam.

f. Menjaga kondisi tubuh tetap fit

Vitamin C bertindak sebagai vasodilator dan antioksidan untuk mencegah tubuh dari kerusakan sel, sehingga dapat memperkuat dan mencegah timbulnya penyakit seperti kanker.

Vitamin C juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit dan virus. Untuk itu, saat musim hujan dan pancaroba tiba, pastikan kamu mengkonsumsi sawi hijau dalam menu makanan kamu.

g. Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Penyakit ini ditandai dengan ruam merah, kulit terasa kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang juga ditandai dengan rasa gatal dan nyeri. Psoriasis kerap muncul di daerah sekitar lutut, siku, punggung bagian bawah, bahkan kulit kepala. Kandungan sawi hijau dinilai mampu berperan dalam memfasilitasi stimulasi enzim, seperti superoksida dismutase dan katalase yang dapat menenangkan peradangan dan memberikan efek pereda nyeri pada orang yang menderita psoriasis.

h. Mencegah menopause

Menopause terjadi karena tulang kehilangan kepadatannya. Menopause sendiri lebih sering terjadi pada wanita usia lanjut. Kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin K yang ada pada sawi hijau dinilai mampu menjaga kepadatan tulang dan struktur tulang dengan baik, sehingga dapat menekan permasalahan seperti osteoarthritis, osteoporosis, bahkan menopause.

i. Mengatasi beberapa gangguan pernafasan

Sawi hijau merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Bahkan, sayuran ini dapat memproteksi tubuh dari beberapa infeksi virus gangguan pernapasan seperti flu dan pilek. Vitamin C yang dimilikinya juga mampu membantu meringankan radang sinus dan mengurangi risiko asma.

j. Sumber nutrisi

Sawi hijau juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan fenol dan flavonoid pada sawi hijau membuatnya menjadi salah satu makanan yang cocok mendukung pola diet. Faktanya, 100 gram sawi hijau (dimasak) mengandung 3 gram serat makanan, 3 gram protein, 524% vitamin K dari nilai harian, 19% mangan, 10% kalsium, 7% vitamin B6, dan 59% vitamin C.

k. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K juga dinilai lebih unggul daripada kalsium dalam hal menjaga kepadatan tulang. Sawi hijau sendiri mengandung hingga 524% asupan Vitamin K dari nilai harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Faktanya, banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin K. Hal ini tentu bisa memicu berbagai penyakit degeneratif tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi sawi hijau secara rutin sangat baik untuk kesehatan tulang serta mampu menjaga kepadatan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

2. Wortel (Carrot)

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota L. dengan warna khas oranye ini memiliki tekstur renyah dan gurih. Selain itu, wortel merupakan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1.  Meningkatkan penglihatan, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kekebalan tubuh dari kandungan β-Caroten
  2. Mengontrol tekanan darah dari kandungan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, folat, dan kalium
  3. Mencegah penyakit kanker dari senyawa likopen
  4. Membantu meningkatkan metabolisme dan level energi dari kandungan vitamin B yang lemak, glukosa, dan protein. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memastikan energi dipakai secara efisien oleh tubuh.
  5. Menyembuhkan luka dari kandungan β-Caroten yang tinggi di dalam wortel mampu mengubah retinol sebagai salah satu bentuk vitamin A paling murni. Karena vitamin A yang terkandung di dalam sayuran wortel dipercaya mampu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.
  6. Menurunkan kolesterol dimana wortel dengan warna khas oranye merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan serat, rendah lemak, dan rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi pada wortel dipercaya dapat membantu menurunkan kolestrol. Dengan serat tersebut, wortel menjadi sayuran yang bersifat menghambat lemak dan menurunkan kolestrol dalam darah.
  7. Melawan radikal bebas
  8. Bersifat antiradang
  9.  Menjaga kesehatan mulut
  10.  Menyehatkan kulit
  11. Menstimulasi produksi kolagen

3. Jagung Muda (Baby Corn)

Jagung muda ternyata mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin B15. Sayuran ini juga kaya akan serat dan rendah lemak. Dapat mengontrol kolesterol, mencegah anemia, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kemampuan penglihatan, hingga mencegah kanker.

a. Menurunkan Berat Badan

Jagung muda sangat rendah akan kandungan lemaknya, tetapi sangat kaya akan asam folic dan potassium. Serta, jagung muda juga memiliki indeks glycemic yang jauh lebih baik dibandingkan jagung biasa yang sudah besar, sehingga bagus untuk diet.

b. Melancarkan Proses Pencernaan

Di dalam jagung muda, terdapat kandungan vitamin B yang cukup banyak. Berbagai vitamin B tersebut dapat berguna untuk membantu mencegah terjadinya semebelit. Dan, yang paling penting adalah, vitamin B di dalam jagung muda dapat membantu melancarkan proses pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, serat yang terkandung di dalam jagung muda juga akan melancarkan proses metabolisme tubuh.

c. Mencegah Penyakit Diabetes

Karbohidrat yang rendah di dalam jagung muda ditambah dengan kandungNa seratnya yang cukup tinggi akan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang salah satunya adalah untuk mencegah penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

d. Sumber Energi yang Sehat

Tidak seperti bahan makanan lainnya, jagung muda sangat rendah akan lemak jenuh namun tinggi akan kandungan proteinnya. Protein memiliki fungsi untuk memperbaharui sel-sel di dalam tubuh yang sudah mengalami kerusakan, dan juga protein sebagai sumber energi tubuh.

e. Mencegah Penyakit Alzeimer

Penyakit Alzeimer merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kepikunan. Dan ternyata, jagung muda yang notabene mengandung folat yang tinggi dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit alzeimer. Folat sendiri merupakan unsur yang berfungsi untuk menutrisi otak.

f. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jagung muda adalah sumber makanan yang kaya akan gizi. Dalam takaran rendah sekalipun, jagung muda memiliki 4% dari total kebutuhan vitamin A, serta vitamin C dan zat besi yang bisa membantu menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh kita.

g. Memperlancar Sirkulasi Oksigen di dalam Tubuh

 Zat besi yang terkandung di dalam jagung muda dapat bermanfaat untuk memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen dapat berakibat sangat fatal seperti salah satunya adalah mengakibatkan kerusakan pada otak.

h. Menyembuhkan Infeksi

Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam jagung muda yang tinggi sangat dibutuhkan sekali untuk kesehatan tubuh. Di dalam satu buah jagung muda saja, terdapat 23% vitamin C dan 3% vitamin A dari total keseluruhan kebutuhan kedua vitamin tersebut setiap harinya. kedua vitamin ini berfungsi untuk mencegah bahkan menyembuhkan infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh kita.

i. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kadar potassium di dalam manfaat jagung muda yang mencapai 17 mg, dapat membantu anda mencegah naiknya tekanan darah. Potassium merupakan sebuah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, berguna untuk mengatur peredaran darah dan melancarkannya.

j. Untuk Mempercantik Kulit

Jagung yang masih muda mengandung banyak vitamin C yang memberikan manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kusam maupun munculnya flek hitam. Untuk itu, konsumsi jagung muda dapat menjadi alternatif untuk membuat kulit menjadi lebih cantik dan lebih cerah.

k. Mecegah Terjadinya Kelahiran Bayi Cacat

Jagung muda sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam manfaat jagung muda, terkandung asam folat yang jumlahnya cukup tinggi. Asam folat dapat membantu pertumbuhan bayi selama di dalam kandungan sehingga dapat menghindarkan bayi dari kelahiran cacat.

l. Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit putih bersih, sehat dan kencang. Dengan menggunakan jagung muda sebagai masker, kita bisa mendapatkan kulit wajah yang demikian. Kandungan di dalam jagung muda yang sangat beragam akan membantu meregenerasi sel-sel mati di wajah, serta akan membantu menghilangkan noda-noda hitam yang mengganggu.

m. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Jagung muda merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantumenurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Di dalam jagung muda, terkandung karotenoid serta bioflavonoid yang dikenal ampuh untuk membantu menurunkan dan menghancurkan kolesterol-kolesterol jahat di dalam tubuh.

n. Mencegah Kerusakan Paru-Paru

Satu lagi manfaat jagung muda yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada paru-paru. Di dalam jagung mengandung cryptoxanthin yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang dapat membantu pencegahan penyakit kanker pada paru-paru.

o. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Thiamin merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam jagung manis. Thiamin sendiri memiliki manfaat kesehatan yang tidak main-main yaitu untuk menjaga sel-sel di dalam otak kita.

4. Jamur Kuping (Ear Fungus)

Jamur kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, fosfor, dan zat besi

  1. Diet

Jamur adalah jenis sayuran yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta kaya akan serat

  1. Menjaga kesehatan jantung,
  2. Melawan kanker
  3. Mencegah penyakit alzheimer
  4. Mencegah anemia
  5. Menurunkan kolesterol
  6. Melindungi hati

5. Bunga Kol (Cabbage Flower)

bunga kol adalah jenis sayuran dengan warna pucat yang kaya akan serat dan mineral. Bunga kol mengandung serat dalam kadar yang tinggi, karbohidrat, dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam bunga kol juga cukup untuk memenuhi angka kebutuhan gizi harian (AKG). Di sisi lain, kol merupakan jenis sayuran yang memiliki tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bagi kalian yang ingin mendapatkan berat badan ideal, melainkan juga mengurangi inflamasi, hingga menjaga kesehatan mata dan jantung.

a. Kaya akan antioksidan

Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan antioksidan. Manfaat kandungan tersebut salah satunya sebagai penekan risiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari serangan peradangan dan radikal bebas. Kandungan glukosinolat dan isothiocyanate pada sayuran ini juga dipercaya memiliki manfaat yang sama, yaitu menekan munculnya sel-sel penyebab kanker kolon, paru-paru, payudara, dan prostat.

b. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital yang berperan untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu manfaat baik dari kembang kol yaitu bisa menekan terjadinya risiko penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena sayuran ini mengandung senyawa karotenoid dan flavonoid, yaitu senyawa yang berperan terhadap kelancaran peredaran darah ke jantung.

c. Membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh berperan sebagai protektor dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Menurunnya sistem tersebut bisa membuat tubuh mudah terserang flu, terutama saat musim pergantian cuaca, yaitu bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa hingga 77%. Vitamin C sendiri berperan penting sebagai pendukung sistem imun pada tubuh.

d. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Meski jumlah kalori yang dimilikinya sangat rendah, namun kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki kembang kol justru lebih tinggi dibanding beberapa sayuran lainnya. Kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya antara lain, serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, asam pantotenat, kalium, mangan, magnesium, serta fosfor.

e. Membantu menurunkan berat badan

Kembang kol merupakan sayuran dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Sebagai perbandingan, sayuran ini hanya memiliki 25 kalori per cangkirnya. Bahkan, 92% dari total beratnya adalah air. Maka tak heran, sayuran ini dikenal sebagai salah satu sumber serat yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

f. Rendah karbohidrat, sehingga cocok sebagai menu diet

Ketika menjalani program diet, tentu makanan yang kamu konsumsi harus memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Apabila kamu bosan dengan pilihan menu makanan diet yang selama ini kamu konsumsi, mungkin kamu bisa mencoba kembang kol sebagai variasinya. Kembang kol memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih rendah ketimbang biji-bijian dan kacang-kacangan. Sebagai perbandingan, dalam secangkir kembang kol hanya terdapat 5 gram karbohidrat saja, sedangkan nasi bisa mengandung 45 gram. Nilai tersebut setara sembilan kali lipat lebih tinggi.

g. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam setiap cangkirnya, kembang kol mampu menyuplai 3 gram serat bagi tubuh. Jumlah tersebut setara dengan 10% kebutuhan serat harian. Serat sendiri berperan dalam mendukung fungsi bakteri baik dalam usus, sehingga sistem pencernaan akan lebih sehat dan lancar ketika memproses makanan. Efeknya, tentu risiko peradangan dan konstipasi dapat diminimalisir.

h. Menjaga kesehatan saraf dan otak

Dalam setiap cangkir kembang kol, tubuh akan mendapat 45 miligram kolin. Lalu, apa manfaat kandungan tersebut? Kolin merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh, terutama untuk membantu menjaga keutuhan membran sel, membantu pembentukan DNA, memperlancar metabolisme tubuh, dan menjaga kesehatan saraf dan otak.

i. Meredakan gangguan peradangan

Senyawa glukosinolat yang terkandung dalam kembang kol ternyata bisa berperan sebagai pereda terjadinya peradangan. Tidak hanya meredakan, kandungan tersebut juga berperan untuk menetralkan efek dari radikal bebas dalam tubuh, sehingga sel tubuh yang terkontaminasi bisa dinormalkan kembali dan keberadaan virus dalam tubuh bisa ditekan perkembangannya.

j. Menjaga kesehatan tulang

Tidak hanya susu, kembang kol juga memiliki manfaat yang sama, yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin dengan jumlah yang cukup. Mengapa kembang kol bisa memiliki manfaat tersebut? Seperti susu, kembang kol juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Nah...mari konsumsi Cap Cay yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita .......

Baca juga: Manfaat Cabai Untuk Tubuh Kita


    Tags :


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp